Review pantai wediombo Gunungkidul






Hari Minggu kemarin kami sekeluarga piknik ke pantai wediombo Gunungkidul. Kami berangkat pukul 05:00. Sengaja kami berangkat di pagi buta agar dapat leluasa menikmati ombak pantai dalam suasana sepi. Bisa leluasa membiarkan anak-anak bermain karena mereka sudah berencana bermain bola.

Kami sampai di sana sekitar pukul 06:00. Setelah sampai di tempat parkir, di luar perkiraan kami ternyata suasana sudah begitu ramai. Sangat berbeda dengan suasana 8 tahun lalu, saat terakhir saya datang pertama kali di pantai ini. Banyak di antara pengunjung yang ternyata bermalam di sini, entah menginap di losmen yang sudah mulai banyak atau mendirikan camping.
Pantai wediombo ini adalah salah satu pantai yang recommended untuk di kunjungi. Hamparan pasir putih yang memanjang, sesuai dengan namanya wedi ombo ( bahasa jawa) yang artinya wedi = pasir dan ombo = luas.  Pantai ini cocok untuk berlibur bersama teman-teman ataupun mendirikan camping. Jarak antara tempat parkir dengan bibir pantai pun tidak terlalu jauh. Sehingga jika mengajak orang tua untuk menikmati suasana pantai sangat cocok. Hanya memang dari tempat parkir ke pantai, mesti melewati anak tangga yang tinggi namun hanya sekitar 30 meter. Selain itu, Pantai ini bisa juga untuk kamu yang menyukai olahraga ekstreem yaitu surfing. Saya sempat melihat ada satu orang yang ber surfing namun saat itu saya kira ombaknya kurang besar sehingga tidak maksimal.

Pantai ini secara geografis masuk dalam kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Termasuk dalam deretan pantai paling timur lokasinya, sebelum pantai sadeng. Dari arah kota wonosari memakan waktu tempuh antara 1-1,5 jam menuju ke arah pantai selatan atau jalan baron kemudian pertigaan mulo belok ke kiri. Lewat jalan semanu bisa menjadi alternatif bagus untuk menghindari macet jika hari libur. Pengunjung harap waspada dan konsentrasi jika berkunjung ke pantai selatan Gunungkidul termasuk ke pantai wediombo ini di karenakan jalanan yang sempit dan berkelok-kelok juga tanjakan yang tidak begitu tinggi namun tidak nampaknya jalan di depan sehingga mengagetkan. Sering - sering membunyikan klakson merupakan solusi yang bagus jika melewati jalanan seperti ini.

Kesimpulannya adalah Pantai wediombo merupakan destinasi pantai selatan Gunungkidul yang sangat recommended untuk dikunjungi. Meskipun jarak yang jauh, namun terbayar dengan suasana pantai yang begitu indah. Ada juga pantai jungwok yang lokasinya bersebelahan dengan pantai wedi ombo. Namun saya sendiri belum sempat mengunjunginya. Ke depan akan saya tulis juga apabila saya sudah mengunjunginya. Semoga bermanfaat..

No comments

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Powered by Blogger.