Tips memasang kompor gas baru

Sore tadi, saya di minta memasang kompor yang baru di beli isteri. Merk kompor itu Rinai. Saya yang tidak berpengalaman sama sekali di dunia perkomporan langsung bergegas menyisingkan lengan baju untuk mengerjakan tugas maha penting tersebut. Karena jika tidak saya kerjakan, bisa-bisa aku tidak di masakin atau tidak di bikinin kopi item kesukaanku. Bisa berbahaya posisi saya. hehehe

Sejenak saya mengamati untuk mengetahui posisi selang dan bagaimana kompor gas itu bekerja. Ternyata sangat simpel yaitu gas langsung menuju ke kompor dengan perantara selang gas. Posisi selang yang menghubungkan kompor dengan tabung elpiji berada di bagian belakang bawah sebelah kiri kalau dari arah depan. 

Namun di sini yang jadi masalah adalah kompor lama saya ini sangat kotor, berkerak dan berminyak sangat parah. Berikut saya berikan langkah-langkahnya:
  1. Siapkan alat-alat pendukung berupa obeng min kecil dan tang apabila di perlukan
  2. Lepas dahulu selang regulator gas
  3. Lepaskan klem yang mengunci selang dengan kompor dengan menggunakan obeng min kecil (letaknya di belakang bawah kompor)
  4. Siapkan kompor baru dan posisikan persis seperti di kompor lama. Jangan lupa untuk di bersihkan dahulu tempat bekas kompor yang lama.
  5. Pasang selang gas ke kompor, pastikan selang menutup dengan rapat sampai ke ujung atau hampir menempel dengan kompor
  6. Pasang klem dan kencangkan baut nya apabila sudah yakin selang sudah rapat.
  7. Pasang selang regulator gas.
  8. Nyalakan kompor
  9. Apabila masih ada aroma gas bocor, itu berarti pemasangan selang kompor belum sempurna atau baut klem kurang kencang.
  10. Apabila sudah terpasang semua namun kompor tidak mau menyala, bisa juga itu pertanda masuk angin. Cara membuang angin itu adalah, buka selang kompor kemudian pukul tipis-tipis saja selang gas di ujung dekat regulator (posisi regulator terpasang dengan tabung elpiji). Saat kita pukul-pukul itu ada suara angin yang keluar.
  11. Saya tekankan lagi langkah di no 9, pastikan tidak ada aroma gas.
Jangan lupa juga untuk mengecek gas, jangan-jangan tidak mau menyala karena gasnya habis. Belajar dari pengalaman saya, rutinkan untuk membersihkan kompor dari segala jenis kotoran karena kotoran itu semakin lama semakin susah di hilangkan. Terlepas dari itu, kompor pun akan lebih awet. Semoga bermanfaat.. 





No comments

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Powered by Blogger.