Sekilas tentang Desa Genjahan kecamatan Ponjong

Desa Genjahan Kecamatan Ponjong terletak di sebelah timur sekitar 15 km dari pusat kota wonosari, ibu kota kabupaten Gunungkidul. Desa ini merupakan gerbang masuk utama kota Ponjong yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Karangmojo. Begitu anda memasuki kawasan desa ini, kesan sejuk, segar, dan damai begitu kental terasa. Hamparan sawah hijau terbentang luas. Sungai kecil di kanan kiri jalan mengalir. Desa Genjahan telah mematahkan imej buruk Gunungkidul yang melekat selama ini sebagai daerah yang tandus dan gersang.

Desa ini terdiri dari 11 dusun yaitu Kerjo 1, Kerjo 2, Pati, Tanggulangin, Simo 1, Simo 2, Susukan 1, Susukan 2, Susukan 3, Susukan 4, dan yang terakhir dusun Genjahan. Mayoritas masyarakat Desa Genjahan bekerja sebagai petani dan pedagang meskipun banyak juga masyarakat yang bekerja di perantauan.

Desa Genjahan kaya akan potensi wisata namun belum maksimal penyerapannya. Padahal desa ini sangat cocok untuk di garap di sektor pariwisatanya dan pastinya akan menambah kesejahteraan masyarakatnya. Dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta, desa ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi dan beristirahat yang tenang dan nyaman untuk sejenak lepas dari suasana hiruk pikuk kota. Berjarak hanya 15 menit menuju wisata Goa Pindul dan Goa Jomblang yang terkenal itu dan 40 menit ke pantai-pantai selatan, ke depannya saya berharap desa ini bisa menjadi tujuan wisata utama dengan konsep tempat istirahat berupa home stay-home stay yang di lengkapi dengan wahana untuk kegiatan outbound sembari wisatawan di suguhi atraksi kesenian budaya. Desa ini juga sudah terkenal dengan wisata kuliner ikan bakarnya. Sudah banyak bertebaran warung-warung apung dengan view hamparan sawah.

Sumber daya masyarakat di desa Genjahan pun sebetulnya sudah tergolong maju. Saat ini sudah hampir 60% mereka bersekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi. Banyak juga masyakat Desa Genjahan yang menduduki posisi strategis di pemerintahan. Bahkan periode periode terakhir Bupatinya pun berasal dari daerah ini. Anggota DPR RI pun ada yang berasal dari desa ini.

Di sinilah tempat saya lahir dan besar. sungguh merupakan tempat pulang yang menyenangkan. Rindu sekali rasanya jika harus lama-lama meninggalkan desa ini. Saya bertekad untuk ikut mengembangkan potensi dari desa ini, paling tidak melalui dunia maya ini. Semoga ke depannya Desa ini semakin maju dan berkembang.



1 comment:

  1. Saya lahir kelurahan itu Genjahan di desa Simo sungguh luarbiasa indahnya dlu msh sanagat alami disaat kecil sy dan saat ini Genjahan ttp alami & tambah,indah banyak kemajuan QULINER SUNGGUH LUARBIASA DAN SDH DIKENAL. KLO PENULIS MENYAMPAIKAN TENTANG HOME STAY...TERKABUL JUGA APA YG DIWACANAKAN SEKARANG DI SIMO1 SDH ADA HOME STAY ASKIA DOEL JOLONTORO. DAN SDH MULAI DIKENAL&DIKUNJUNGI PARA WISATA NAMUN DENGAN ADANYA DAMPAK COVIT 19 INI AGAK TERHENTI SEMENTARA. MOGA2 CEPAT SELESAI COVIT 19 DAN PARA PELANGGAN YG SDH PERNAH DATANG AKAN KEMBALI DAN MEMBAWA KELUARGANYA MENIKMATI KESEJUKKAN&KEINDAHANNYA DILINGKUNGAN HOME STAY ASKIA SIMO1 DOELJOLONTORO.SEMOGA SEMUA KEGIATAN BISA CEPAT KEMBALI DAN BISA MELAKUKAN AKTIFITAS.

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Powered by Blogger.