Pengalaman tes di PT K 24

PT K 24 adalah perusahaan franchise Apotek asli Indonesia yang pertama di waralabakan dan yang terbesar di Indonesia. kabarnya sudah memiliki 400 gerai di seluruh Indonesia.
Saya mendapat panggilan mengikuti tes di sini melalui aplikasi jobstreet.com, dimana posisi yang saya lamar adalah internal audit sesuai pengalaman kerja saya. Tidak banyak perusahaan di Jogja yang membuka lowongan untuk posisi ini sehingga tanpa pikir panjang saya langsung apply di perusahaan ini. Tidak butuh waktu lama saya mendapat respon panggilan interview, sekitar 3-5 hari dari sejak saya apply. Mereka memanggil saya untuk interview tanggal 16 April 2018 pukul 08:00 WIB.

Hari yang di tunggu pun tiba, Senin pagi saya langsung menembus dinginnya pagi dan tebalnya kabut meluncur kekantor K 24 Academy yang berada di jalan Godean Yogyakarta, atau tepatnya di Mirota Jalan Godean masuk ke utara sekitar 200m kiri jalan yang ternyata jadi satu dengan kampus STIE YKP dan SMK ( saya lupa namanya). Saya berangkat jam 06:00 tepat, mengingat jarak yang cukup jauh selain kondisi lalu lintas di jalan wonosari-yogya saat ini yang sudah sangat padat.

Saya sampai di kantor K 24 jam 8 kurang, Alhamdulillah on time. Dan saya langsung menuju ke kantor HRD nya yang berada di lantai 3. Selang beberapa saat kemudian, saya di persilahkan masuk ke dalam ruangan yang sempit. Di sana saya di suruh untuk mengisi biodata terlebih dahulu. Pada waktu itu hanya ada 3 orang yang mengikuti tes ini. Satu perempuan dan dua orang laki-laki termasuk saya. Yang kemudian saya ketahui untuk calon kandidat yang perempuan itu melamar untuk posisi keuangan dan laki-laki yang satu melamar di posisi yang sama dengan saya yakni internal audit. 

Setelah pengisian biodata selesai, kita langsung di berikan tes tertulis terlebih dahulu. Tes tulis semacam psikotes tapi tidak mendetail, seperti matematika dasar, characteristic tes, dan menggambar orang. Kemudian tes soal akuntasi di bagian terakhir. Yang kembali menjadi momok saya mengingat sudah lama saya lulus kuliah dan pekerjaan-pekerjaan saya yang terdahulu tidak mendetail mengurusi bagian accountingnya. Namun Alhamdulillah soal yang muncul hanyalah akuntansi dasar saja, seperti penjurnalan dasar dsb,dan perpajakan dasar seperti PPN, dsb.

Setelah semua tes tulis tersebut saya lewati, saya kemudian di panggil untuk pindah ke ruangan yang lain untuk melakukan interview HRD. Di sessi itu kita hanya di minta untuk memperkenalkan diri, dan di tanyakan tentang apa yang sudah kita tulis di dalam biodata.Seperti pengalaman pekerjaan terdahulu berikut tantangannya juga pengalaman organisasi kita. Interview ini memakan waktu sekitar 30 menit. Cepat atau tidaknya saya kira itu tergantung dari pihak interviewer dan kita sendiri selaku yang di wawancara.

Setelah interview berakhir, otomatis selesai juga seluruh prosesi tes tahap pertama yang saya jalani. Pihak HRD juga memberi tahu bahwa di suruh menunggu maksimal 2 minggu lagi. Apabila lolos akan di hubungi untuk tes tahap selanjutnya yang saya sendiri juga tidak tahu apa bentuk tes tersebut.

Sedikit tips dari saya bagi anda yang ingin mengikuti tes di PT K24 khususnya untuk posisi keuangan dan internal audit adalah silahkan buka-buka buku lagi di mata kuliah akuntansi pengantar atau dasar akuntansi, atau bisa juga belajar dengan mbah gugel. Pelajari juga tentang faktur pajak, PPN, Pajak badan dsb. Untuk psikotes nya matematika dasar juga bisa di pelajari di gugel, ada banyak contoh soal di situ. Untuk interview nya, saya sarankan relax, santai, jangan tegang. Buat kontak mata dengen interviewer dan jawab lah dengan lugas, syukur bisa membuat feedback balik.

Itulah sedikit cerita pengalaman saya mengikuti tes di PT K24, doakan saya mendapat panggilan untuk tes lanjutnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Wassalam... 





4 comments:

  1. Halo mas hendri...gimana ada kelanjutannya lagi ga??mau tau dong. Soalnya aku kemarin abis interview HRD terus suruh tunggu lagi mau di interview user.

    ReplyDelete
  2. Soalnya essay bikin laporan keuangan kah?

    ReplyDelete
  3. apakah ada kelanjutannya ? karena saya jg sedang melewati tahap itu 1 hari yg lalu

    ReplyDelete
  4. Halo pak HRD K24 Indonesia.
    Saya sudah dinyatakan lolos wawancara tahap HRD.
    Dan dibilang penugasan di k24 kaptrn muslim medan.
    Tapi kok diam HRD?

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Powered by Blogger.