Malam Tirakatan dalam rangka hari jadi Gunungkidul yang ke 187 di makam Bupati Gunungkidul yang pertama

Malam ini saya baru saja menghadiri undangan tirakatan dalam rangka hari jadi kabupaten Gunungkidul yang ke 187 yang bertempat di makam Bupati pertama Gunungkidul yaitu Kanjeng Raden Mas Tumenggung Poncodirjo. Kebetulan tempat tinggal saya hanya berjarak 100m dari komplek makam yang kini telah dibuka menjadi Tempat Pemakaman Umum tersebut.

Mungkin belum banyak masyarakat yang tahu bahwa di kampung saya terdapat makam tokoh sepenting ini termasuk juga kawasan tempat tinggal saya yang menjadi tonggak awal mula berdirinya kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan pemerintah daerah yang di lanjutkan agenda ziarah dan tabur bunga Bupati Gunungkidul di keesokan harinya. Kegiatan tirakatan ini selain merupakan adat budaya turun-temurun dan masih di lestarikan hingga saat ini, juga untuk mendoakan segala kegiatan pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar.

Acara tirakatan ini, juga menjadi ajang bertemunya warga masyarakat sekitar komplek makam dengan pemerintah desa dan kecamatan. Ajang ini benar-benar di manfaatkan warga untuk bertanya bahkan mengkritisi pemerintahan desa tentang segala hal yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Saya pun kaget sekaligus bangga, ternyata warga dusun saya banyak yang cerdas dan bahkan berani mengkritisi pemerintah.

Acara tirakatan kemudian di akhiri dengan kegiatan makan bersama. Rakyat dan pemangku pemerintahan beserta jajaran muspika dari polsek dan koramil benar-benar menyatu, makan secara lesehan bersama. Tak ada jarak antara rakyat dengan penguasa.  Saya membayangkan jika acara seperti ini bisa merata sampai ke seluruh penjuru nusantara. Sungguh nikmatnya kebersamaan dalam kehidupan damai.. Dengan menggunakan kearifan lokal masyarakat setempat, saya yakin hal ini dapat terlaksana jika pemerintah desa setempat mau untuk turun ke bawah. Karena jika hal ini dapat terlaksana, program-program pembangunan yang di canangkan pemerintah pusat pasti akan tercapai dan tepat sasaran mengingat rakyat juga langsung mengeluarkan uneg-unegnya. Semoga....

No comments

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Powered by Blogger.