Pengalaman suka duka bersama Honda Jazz RS Matic tahun 2009
Assalamualaikum,,
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan honda jazz rs automatic yang telah menemani saya dalam suka dan duka sejak 3tahun yang lalu. Saya membeli mobil ini dari kawan saya yang juga punya show room mobil bekas di Yogyakarta. Saya membagikan pengalaman saya ini tanpa ada kepentingan atau niat mau mengangkat ataupun menjatuhkan brand, hal ini murni saya lakukan hanya untuk membantu anda yang ragu memutuskan mau membeli mobil ini atau tidak terutama untuk kondisi bekas pakai.
Pada waktu mobil ini sampai rumah, posisi kilometer berada di angka sekitar 65ribuan. Dan mengapa saya memutuskan membeli mobil bertransmisi automatic. Tidak lain tidak bukan karena kondisi lalu lintas kota Jogja yang semakin padat. Dan keputusan saya ternyata benar, di saat teman-teman yang lain mengeluh pegal menginjak pedal kopling karena macet, saya mah tetap santai-santai saja hehehe.
Hal biasa yang selalu saya lakukan sejak awal membeli mobil pertama kali adalah dengan mengganti oli mesin. Pada saat itu sampai setahun berikut nya saya rutin menggunakan oli mesin shell helix HX7, ini juga saya lakukan setelah berkonsultasi dengan bengkel langganan saya. Sampai kemudian rekan saya yang juga pemilik toko sparepart merekomendasikan memakai oli lupromax.
Perbandingan menggunakan kedua jenis oli tersebut menurut saya tidak terlalu signifikan karena yang saya gunakan keduanya berukuran 10w-40. Harganyapun terpaut tidak terlalu jauh, hanya sekitar Rp 10.000 lebih murah merk lupromax.
Sekarang kita masuk ke faktor kenyamanannya, sejauh ini saya kira nyaman-nyaman saja baik dari posisi kemudi nya maupun getaran mesinnya, sangat halus. Namun berbeda cerita jika kita bertemu dengan medan jalan yang bergelombang atau yang lebih parah. Juga saat kita bertemu dengan pulisi tidur yang agak tinggi, bisa nggasruk bemper bawah nya mengingat Honda Jazz sebetulnya juga tergolong dalam kelas sedan yang ground clearence nya sangat rendah. Yah namanya juga mobil city car mungkin memang hanya di peruntukkan untuk kota-kota saja.
Bagaimana jika kita bertemu dengan jalan yang menanjak?
Pertanyaan ini banyak sekali muncul, apalagi ini kan matic. Tetapi tenang dulu saudara, saya pernah mencoba menggunakan mobil saya di tanjakan cino mati bantul yogya, dan juga obyek wisata kalibiru kulonprogo yogya yang tanjakkannya wow banget di tambah medan yang sangat sempit ( boleh di tanya ke mbah gugel) yang terjadi adalah, mobil ini sangat enak dan nyaman untuk medan tanjakan yang sangat curam sekalipun meskipun tetap ada sedikit trik yang harus sedikit di gunakan mengingat ini menggunakan transmisi automatic. Untuk trik melewati tanjakan curam, akan saya share di artikel selanjutnya.
Lantas untuk akselerasi nya bagaimana?
Harus saya akui bahwa akselerasi honda jazz matic memang agak kurang responsif, tapi menurut saya masih dalam batas wajar mengingat transmisi yang di gunakan adalah automatic. Namun anda jangan khawatir, karena untuk honda jazz rs matic terdapat fitur triptonik yang tombolnya terdapat di bawah stir di kanan dan kiri, tuas sebelah kanan berfungi untuk menambah persneling dan tuas sebelah kiri untuk menurunkan persneling. Bagaikan pembalap F1 kan. hehehe. Fitur triptonik ini memang sangat membantu bagi anda yang membutuhkan kecepatan akselerasi. Saya sendiri sangat jarang menggunakan fitur ini kecuali di jalan tol dan jika menemui tanjakan maupun turunan yang curam.
Biaya pajaknya berapa?
Untuk biaya pajak tahunannya sekitar 2.5jt an lebih sedikit. Beda ceritanta kalau anda terkena pajak progresif, pastinya akan lebih mahal.
Perawatannya?
Untuk perawatannya sebetulnya standar aja, tidak jauh berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Hal ini sekaligus mematahkan imej mobil matic di negara kita yang oleh orang kebanyakan di anggap perawatannya mahal. Memang bisa jadi mahal, apabila kita tidak rajin untuk service atau minimalnya ganti oli.
Untuk Oli mesin saya biasa ganti di interval 5rb km, kurang dari itu lebih baik. Saya menggunakan oli lupromax 10w-40.
Untuk Oli Transmisi nya saya menggantinya tiap 30rb km. Kata bengkel langganan saya sih masih aman, dan memang saya rasakan juga masih respon baik. Saya menggunakan oli transmisi Honda.
Untuk bahan bakarnya usahakan pertamax ya, kalau nggak ya minimal pertalite.
Jangan lupa juga perawatan penting yang lain yang harus di perhatikan seperti, ganti filter udara, filter oli, sevice ac, salon mobil, dan cek air accu (accu basah) secara berkala. Hal ini sangat penting terutama yang terakhir saya sebut. Karena sejak pertama menggunakan mobil ini, satu-satunya hal yang membuat saya jengkel hanya masalah sepele yaitu accu dan itu baru terjadi di minggu kemarin dimana mobil saya tiba-tiba tidak bisa di stater, setelah saya cek ternyata air nya hampir habis. anda semua pasti tau, kalau mobil matic tidak bisa di nyalakan dengan cara di dorong layaknya mobil dengan transmisi manual. Akhirnya suka tidak suka saya ganti accu saya dengan yang baru.
Itulah sedikit cerita tentang pengalaman saya sekian tahun ini menggunakan Honda Jazz RS matic tahun 2009, semoga bermanfaat, terimakasih. Wassalamualaikum.....
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan honda jazz rs automatic yang telah menemani saya dalam suka dan duka sejak 3tahun yang lalu. Saya membeli mobil ini dari kawan saya yang juga punya show room mobil bekas di Yogyakarta. Saya membagikan pengalaman saya ini tanpa ada kepentingan atau niat mau mengangkat ataupun menjatuhkan brand, hal ini murni saya lakukan hanya untuk membantu anda yang ragu memutuskan mau membeli mobil ini atau tidak terutama untuk kondisi bekas pakai.
Pada waktu mobil ini sampai rumah, posisi kilometer berada di angka sekitar 65ribuan. Dan mengapa saya memutuskan membeli mobil bertransmisi automatic. Tidak lain tidak bukan karena kondisi lalu lintas kota Jogja yang semakin padat. Dan keputusan saya ternyata benar, di saat teman-teman yang lain mengeluh pegal menginjak pedal kopling karena macet, saya mah tetap santai-santai saja hehehe.
Hal biasa yang selalu saya lakukan sejak awal membeli mobil pertama kali adalah dengan mengganti oli mesin. Pada saat itu sampai setahun berikut nya saya rutin menggunakan oli mesin shell helix HX7, ini juga saya lakukan setelah berkonsultasi dengan bengkel langganan saya. Sampai kemudian rekan saya yang juga pemilik toko sparepart merekomendasikan memakai oli lupromax.
Perbandingan menggunakan kedua jenis oli tersebut menurut saya tidak terlalu signifikan karena yang saya gunakan keduanya berukuran 10w-40. Harganyapun terpaut tidak terlalu jauh, hanya sekitar Rp 10.000 lebih murah merk lupromax.
Sekarang kita masuk ke faktor kenyamanannya, sejauh ini saya kira nyaman-nyaman saja baik dari posisi kemudi nya maupun getaran mesinnya, sangat halus. Namun berbeda cerita jika kita bertemu dengan medan jalan yang bergelombang atau yang lebih parah. Juga saat kita bertemu dengan pulisi tidur yang agak tinggi, bisa nggasruk bemper bawah nya mengingat Honda Jazz sebetulnya juga tergolong dalam kelas sedan yang ground clearence nya sangat rendah. Yah namanya juga mobil city car mungkin memang hanya di peruntukkan untuk kota-kota saja.
Bagaimana jika kita bertemu dengan jalan yang menanjak?
Pertanyaan ini banyak sekali muncul, apalagi ini kan matic. Tetapi tenang dulu saudara, saya pernah mencoba menggunakan mobil saya di tanjakan cino mati bantul yogya, dan juga obyek wisata kalibiru kulonprogo yogya yang tanjakkannya wow banget di tambah medan yang sangat sempit ( boleh di tanya ke mbah gugel) yang terjadi adalah, mobil ini sangat enak dan nyaman untuk medan tanjakan yang sangat curam sekalipun meskipun tetap ada sedikit trik yang harus sedikit di gunakan mengingat ini menggunakan transmisi automatic. Untuk trik melewati tanjakan curam, akan saya share di artikel selanjutnya.
Lantas untuk akselerasi nya bagaimana?
Harus saya akui bahwa akselerasi honda jazz matic memang agak kurang responsif, tapi menurut saya masih dalam batas wajar mengingat transmisi yang di gunakan adalah automatic. Namun anda jangan khawatir, karena untuk honda jazz rs matic terdapat fitur triptonik yang tombolnya terdapat di bawah stir di kanan dan kiri, tuas sebelah kanan berfungi untuk menambah persneling dan tuas sebelah kiri untuk menurunkan persneling. Bagaikan pembalap F1 kan. hehehe. Fitur triptonik ini memang sangat membantu bagi anda yang membutuhkan kecepatan akselerasi. Saya sendiri sangat jarang menggunakan fitur ini kecuali di jalan tol dan jika menemui tanjakan maupun turunan yang curam.
Biaya pajaknya berapa?
Untuk biaya pajak tahunannya sekitar 2.5jt an lebih sedikit. Beda ceritanta kalau anda terkena pajak progresif, pastinya akan lebih mahal.
Perawatannya?
Untuk perawatannya sebetulnya standar aja, tidak jauh berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Hal ini sekaligus mematahkan imej mobil matic di negara kita yang oleh orang kebanyakan di anggap perawatannya mahal. Memang bisa jadi mahal, apabila kita tidak rajin untuk service atau minimalnya ganti oli.
Untuk Oli mesin saya biasa ganti di interval 5rb km, kurang dari itu lebih baik. Saya menggunakan oli lupromax 10w-40.
Untuk Oli Transmisi nya saya menggantinya tiap 30rb km. Kata bengkel langganan saya sih masih aman, dan memang saya rasakan juga masih respon baik. Saya menggunakan oli transmisi Honda.
Untuk bahan bakarnya usahakan pertamax ya, kalau nggak ya minimal pertalite.
Jangan lupa juga perawatan penting yang lain yang harus di perhatikan seperti, ganti filter udara, filter oli, sevice ac, salon mobil, dan cek air accu (accu basah) secara berkala. Hal ini sangat penting terutama yang terakhir saya sebut. Karena sejak pertama menggunakan mobil ini, satu-satunya hal yang membuat saya jengkel hanya masalah sepele yaitu accu dan itu baru terjadi di minggu kemarin dimana mobil saya tiba-tiba tidak bisa di stater, setelah saya cek ternyata air nya hampir habis. anda semua pasti tau, kalau mobil matic tidak bisa di nyalakan dengan cara di dorong layaknya mobil dengan transmisi manual. Akhirnya suka tidak suka saya ganti accu saya dengan yang baru.
Itulah sedikit cerita tentang pengalaman saya sekian tahun ini menggunakan Honda Jazz RS matic tahun 2009, semoga bermanfaat, terimakasih. Wassalamualaikum.....
The Casino At Queen at The Meadows - Mapyro
ReplyDeleteThe Casino 강릉 출장마사지 At Queen at The 의왕 출장샵 Meadows is located in the 화성 출장샵 beautiful city of Queenston on the Isle of Capri. 서울특별 출장안마 It offers a casino with 속초 출장안마 a large